Jom Follow

Isnin, 11 Oktober 2010

Penjara Pikiran


Seekor belalang telah lama terkurung dalam sebuah kotak. Suatu hari ia berhasil keluar dari kotak yang menggurungnya. Ia pun melompat-lompat gembira menikmati kebebasannya. Di perjalanan, ia bertemu dengan belalang lain. Ia hairan kerana belalang itu mampu melompat lebih tinggi dan lebih jauh darinya.

dengan perasaan ingin tahu, ia menghampiri belalang lain itu dan bertanya, "mengapa kamu bisa melompat lebih tinggi dan lebih jauh dariku, padahal kita tidak jauh berbeza, baik dari usia maupun ukuran tubuh?' Belalang itu mejawab dengan pertanyaan,"Di mana kau tinggal selama ini?Semua belalang yang hidup di alam bebas pasti bisa melakukan seperti yang aku lakukan." Saat itu si belalang baru tersedar bahwa selama ini kotak itulah telah membuat lompatannya tidak jauh dan setinggi belalang lain yang hidup di alam bebas.

terkadang kita  sebagai manusia tanpa sedar juga mengalami hal yang sama dengan belalang. lingkungan yang buruk, penghinaan, tarauma masa lalu, selalu gagal, sindirian teman-teman, bisa membuat kita terpenjara dalam kotak hitam yang mematahkan potensi kita.

kita lebih sering mempercayai pendapat orang lain kepada kita tanpa berpikir sedalam-dalam apakah hal tersebut benar atau tidak. lebih parah lagi kita acap kali lebih memilih mempercayai orang lain daripada mempercayai diri sendiri.

tahukah anda bahwa gajah yang sangat kuat bisa diikat hanya dengan seutas tali yang terikat pada sebilah pancang kecil? Gajah sudah merasa dirinya tak bisa bebas jika ada 'sesuatu' yang mengikat kakinya padahal 'sesuatu' itu bisa jadi hanya seutas tali kecil.

pernahkah kita bertanya kepada diri sendiri bahawa kita bisa ' melompat lebih tinggi dan lebih jauh' jika kita mau menyingkirkan ' penjara' itu? tidakkah kita ingin membebaskan diri agar kita bisa mencapai sesuatu yang selama ini kita anggap di luar batas kemampuan dan pemikiran kita?

sebagai manusia kita berkemampuan untuk berjuang, tidak menyerah begitu saja pada apa yang kita alami. oleh kerana itu, teruslah berusaha mencapai segala inspirasi positif yang ingin kita capai. kita memang akan sakit, akan penat, akan lelah, akan pena tetapi jika kita sudah sampai di puncak, semua pengorbanan itu pasti akan terbayarkan. pada dasarnya, kehidupan kita akan lebih baik jika kita hidup dengan cara pilihan kita sendiri, bukan dengan cara yang dipilih orang lain untuk kita.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Powered By Blogger